RPP agama dan budi pekerti kelas II sd/mi, dengan model CTL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MIN 01
METRO
Kelas /
Semester : V / 2
Mata pelajaran : Agama Dan Budi Pekerti
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A. Kompetensi inti:
KI 1 :Menerima dan
menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 :Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar dan indikator
pencapaian
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
3.7
mengenal doa sebelum dabn sesudah wudhu
|
3.7.1
menunjukkan doa sebelum dan sesudah wudhu
|
4.7
mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
|
4.7.1
mendemonstrasikan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
|
1.3
menunjukkan terbiasa berwudhu sebelum solat
|
1.3.1
melakasanakann berwudhu sebelum solat
|
2.8
memiliki prilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi
dariemahaan makna berwudhu
|
2.8.1
mengikuti prilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari
pemaham an makna berwudhu
|
C. Tujuan
Pembelajaran
3.7.1.1
Siswa dapat menunjukkan doa sebelum dan
sesudah berwudhu dengan baik dan benar
3.7.1.2
Siswa dapat menyebutkan doa sebelum dan
sesudah berwudhu dengan baik dan benar
3.7.1.3
Siswa dapat menjelaskan arti doa sebelum
dan sesudah berwudhu dengan baik dan benar
3.7.1.4
Siswa dapat menunjukkan hal-hal yang
membatalkan wudhudengan baik dan benar
3.7.1.5
Siswa
dapat menyebutkan hikmah dari berwudhu dengan baik dan benar
4.7.1.1 Siswa
dapat memperlihatkan cara berwudhu dengan baik dan benar
4.7.1.2 Siswa dapat mendemonstrasikan cara berwudhu
sebelum solat dengan baik dan benar
1.3.1.1 Siswa
dapat membuktikan terbiasa berwudhu sebelum solat dengan baik dan benar
1.3.1.2 Siswa
dapat melaksanakan wudhu sebelum solat dengan baik dan benar
2.3.1.1Siswa dapat mengikuti prilaku hidup sehat dan
peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu dengan
baik dan benar
2.3.1.2 Siswa dapat mengaitkan prilaku hidup sehat
dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu dengan
baik dan benar
D. Materi
Pembelajaran
Tata carawudhu, doa sebelum dan
sesudah berwudhu, hal-hal yang membatalkan wudhu dan hikmah wudhu.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode = ceramah, diskusi, percobaan,dan tanya jawab
2.
Teknik = CTL
F. Media, alat/bahan, sumber pembelajaran
1.
Media : Gambar,
2.
Alat/Bahan : Spidol, papan tulis, kertas karton
3.
Sumber Pembelajaran : Ahmad Hasim,Dkk, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti kelas II sd/mi,Jakarta:Kemendikbud,2017
F.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
|
PENDAHULUAN
|
10 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam dan
meminta salah satu peserta didik memimpin doa
b.
Guru menanyakan keadaan peserta
didik
c.
Guru mengabsen kehadiran peserta
didik
d.
Guru Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi
serta kompetensi yang akan di capai
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
50 menit
|
|
a. Mengamati
Peserta
didik membaca tentang tata cara wudhu dan
hal-hal yang membatalkan wudhu
b. Menanya
Peserta
didik pada saat membaca
mengalami
masalah, maka peserta didik disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya
secara langsung pada guru tentang
tata cara wudhu dan hal-hal yang
membatalkan wudhu
c. Eksplorasi/eksperimen
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar berwudhu dalam
potongan kertas.
2.
Peserta didik diminta untuk menyusun gambar
tersebut dari gerakan pertama wudlu sampai tertib/selesai.
d. Mengasosiasi
1.
Guru kembali mengajak peserta didik untuk
mengamati gambar urutan wudhu dari mulai niat sampai tertib di dalam buku
peserta didik
2.
Bersama-sama membuat kesimpulan tentang hikmah
berwudu
e. Mengkomunikasikan
Menyampaikan
kembali isi kesimpulan tentang tata cara wudhu dan hikmah berwudhu.
|
|
3.
|
PENUTUP
|
10
menit
|
|
1.
Guru memlakukan ice breaking
bersama siswa
2.
Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
3.
Guru mengadakan tes baik tulis
maupun lisan
4.
Guru mengajak peserta didik
menyimpulkan bersama materi pembelajaran
5.
Guru memberikan pesan-pesan moral
terkait dengan sikap keimanan dan sosial
6.
Guru memberikan tugas mandiri
secara individu
7.
Guru menjelaskan secara singkat
materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
8.
Guru mengajak berdoa akhir majlis
dilanjutkan dengan salam
|
|
G.
Penilaian
1.
Tes Lisan
Menilai proses dan hasil belajar siswa tentang sikap terhadap berwudhu
2.
Portofolio
Menilai pekerjaan individu dari tugas tentang berwudhu
3.
Observasi
Menilai keaktifan
siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan
tugas.
4.
Tes Tertulis
Menilai proses
dan hasil belajar siswa tentang sikap terhadap berwudhu
Komentar
Posting Komentar