RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pembelajaran MATEMATKA di SD/MI
Dosen pengampu : Yunita Wildaniati, M.Pd



Frizka Ardiana Lestari
(1501050023)

PGMI B
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN PGMI
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO
SEMESTER V 2017/2018



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan   :  MIN 01 Lampung Tengah
Kelas / Semester       :  V I/ 2
Mata pelajaran          :  MATEMATIKA
Alokasi Waktu         :  2 x Pertemuan (2 x 35 menit)

A.      Kompetensi inti:
KI 1  :Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.       Kompetensi dasar dan indikator pencapaian
Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
8.1  menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
8.1.1 siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sederhana
8.1.2 siswa dapat menunjukkan sisi, titik sudut dan rusuk
8.2  menentukan jaring-jaring balok dan kubus


8.2.1   siswa dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok
8.2.2   siswa dapat menunjukkan benda di sekitar yang berbentuk kubus dan balok

C.       Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sederhana dengan baik dan benar
2.      Siswa dapat menunjukkan sisi, titik sudut dan rusuk dengan baik dan benar
3.      Siswa dapat membuat jaring-jaring kubus dan balok dengan baik dan benar
4.      Siswa dapat menunjukkan benda di sekitar yang berbentuk kubus dan balok dengan baik dan benar

D.      Materi Pembelajaran

 
E.       Metode Pembelajaran
1. Metode = ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Teknik = Cooprative learning, STAD

F.        Media, alat/bahan, sumber pembelajaran
1.    Media                          : Gambar, Alat Peraga
2.    Alat/Bahan                  : Spidol, Papan Tulis, Kertas Karton, Gunting, Pena, doubeltip,  Penggaris
3.    Sumber Pembelajaran  : Burhan Mustaqim, Dkk, MATEMATIKA SD KELAS IV Sd/Mi,  Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 2008

G.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
PENDAHULUAN
10 menit

a.     Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu peserta didik memimpin doa
b.     Guru menanyakan keadaan peserta didik
c.     Guru mengabsen kehadiran peserta didik
d.    Guru  Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan di capai

2.
KEGIATAN INTI
50 menit

a.     Mengamati
1.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang
2.    Peserta didik membaca tentang tentang pengertian bangun ruang, sisi, rusuk dan titik sudut
b.   Menanya
1.    Peserta didik memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang pengertian bangun ruang dan sifat-sifat bangun ruang, sisi, rusuk dan titik sudut
2.    Peserta didik pada saat membaca mengalami masalah, maka peserta didik disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.
c.     Eksplorasi/eksperimen
1.      Masing-masing kelompok berdiskusi tentang bangun ruang
2.      Masing-masing kelompok mendiskusikan dan membuat bangun ruang(kubus dan balok) dengan metode STAD
d.   Mengasosiasi
Peserta didik melalui kelompoknya mendiskusikan dengan metode STAD. Langkah-langkah :
a.    Guru menyampaikan materi tentang bangun ruang
b.    Guru meminta siswa untuk membuat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 anggota  yang memiliki sifat heterogen
c.    Guru meminta setiap kelompok untuk membuat sebuah kubus atau balok dari alat dan bahan yang telah di persiapkan sebelumnya
d.   Guru meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan sifat-sifat dari bangun ruang yang telah di buat sebelumnya
e.    Guru meminta siswa untuk mempersentasikan hasil kerjanya di depan kelas
f.     Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang sudah berhasil melakukan dengan baik
e.    Mengkomunikasikan
Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang bangun ruang sederhana




3.
PENUTUP
10  menit

1.      Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
2.      Guru mengadakan tes baik tulis maupun lisan
3.      Guru mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
4.      Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
5.      Guru memberikan tugas mandiri secara individu
6.      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
7.      Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam


H.    Penilaian
1.    Tes Lisan
Menilai proses dan hasil belajar siswa tentang sikap terhadap bangun ruang
2.    Portofolio
Menilai pekerjaan individu dari tugas tentang sikap terhadap sifat-sifat bangun ruang
No.
Nama
Bangun
Ruang
Banyak Sisi
Banyak Rusuk
Banyak Titik Sudut
1.
kubus



2.
Balok



3.
Tabung



4.
Kerucut



5.
bola




3.    Observasi
Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas.
4.    Tes Tertulis
Menilai proses dan hasil belajar siswa tentang sikap terhadap bangun ruang
A. Mari memilih jawaban yang paling tepat
1.    Yang termasuk bangun ruang adalah . . . .
`             a. persegi                               c. belah ketupat
b. persegi panjang                 d. kubus
2.  Balok mempunyai titik sudut sebanyak . . . .
            a. 6 buah                    c. 10 buah
            b. 8 buah                   d. 12 buah
3. Pernyataan di bawah ini benar, kecuali . . . .
a. kubus mempunyai 8 titik sudut
b. kubus sisinya berbentuk persegi panjang
c. kubus mempunyai 6 buah sisi
d. kubus semua rusuknya sama panjang
4. Pernyataan di bawah ini benar, kecuali . . . .
a. kerucut mempunyai, titik sudut
b. bola tidak mempunyai titik sudut
c. kerucut mempunyai 1 rusuk
d. bola mempunyai 1 rusuk  
5. Gambar di bawah ini yang bukan merupakan jaring-jaring kubus adalah . . . .

6. Pernyataan di bawah ini benar, kecuali . . . .
a. banyak sisi pada balok adalah 6
b. banyak rusuk pada kubus ada 12
c. banyak rusuk pada tabung ada 4
d. banyak rusuk pada kerucut ada 1
7. Bangun-bangun di bawah ini yang titik sudutnya lebih dari 2 adalah . . . .
a. kubus, balok, kerucut
b. limas segitiga, prisma segitiga, tabung
c. balok, limas, prisma segitiga
d. balok, limas, bola
8. Gambar di bawah ini yang merupakan jaring-jaring balok adalah . . . .

                    9.      Jaring-jaring kubus di samping jika alasnya IV, maka atas/tutupnya adalah . . . .
 
a.    I
b.    II
c.    III
d.   IV
                    10.  Gambar di bawah ini yang merupakan jaring-jaring balok, kecuali . . . .


B. MARI MELENGKAPI TITIK-TITIK BERIKUT INI
1. Banyaknya rusuk pada kubus ada . . . . buah
2. Banyaknya rusuk pada tabung ada . . . . buah
3. Banyaknya titik sudut pada limas segiempat ada . . . . buah.
4. Sisi pada balok berbentuk . . . .
5. Banyaknya rusuk pada kerucut ada . . . . buah
 Rubik Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
1
2
3
4
1.       




2.       




3.       





Catatan:
4 = Sangat baik                                   2 = Sedang/cukup
3 = Baik                                              1 = Kurang baik
Rentang Soal = Skor maksimal – skor minimal
Keterangan:
BT : Belum terlihat (apabila peserta diidk belum terlihat tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator)
MT : Mulai terlihat (apabila peserta didik mulai memperlihatkan dalam indikator tapi belum konsisten)
MB : Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dan mulai konsisten)
MK: Membudayakan (peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyakatan dalam indikatir secara konsisten)
No
Nama
Aspek Penilaian
Nilai Akhir
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
1.
Adesia Afriana




2.
Ahmad Mustaqim




3.
Azizah Thurahmah




4.
Eka Diah Pramesti




5.
Eli Mariana




6.
Fani Septiana




7.
Frizka Ardiana l




8.
Iis Wulandari




9.
Jamilatunnikmah




10.
Khana Istiana




11.
Khoirotul Afifah




12.
Lili Yeni Triana




13.
Lina Latifah




14.
Lindawati




15.
Media Santika




16
Miftakhul Jannah




17.
Mira Melantama




18.
Mitha Apriyani




19.
Nur Cahyono




20.
Oktarina




21.
Rahmad Herdiyanto




22.
Sonya Apriyana




23.
Uswatun Hasannah




24.
Wahyu Agustirana







Mengetahui                                                                                        Metro, 11 oktober 2017
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Kelas

YUNITA WILDANIATI , M.Pd                                           FRIZKA ARDIANA LESTARI
      NIP:                                                                                                NPM: 1501050023





Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 PRINSIP-PRINSIP BELAJAR

RPP IPA KELAS V SD/MI