Pengertian Media Dan Media Pembelajaran

Pengertian Media Dan Media Pembelajaran
Kata “media” berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata” medium” yang berarti harfiah berarti perantara atau pengantar. Molenda dan russel (1990) mengungkapkan bahwa” media is a channel of communication. Derived from the latin word for “bedween “, the trerm refers to anything that caries information bedween a source and a receiver”. Robert hanich, dkk(1986) mendefinisikan media adalah sesuatu yang membawa informasi antara sumber ( source) dan penerima ( receiver) informasi.
Dari beberapa pengertian diatas dapat kita garis bawahi bahwa media adalah perantara dari sumber informasi ke penerima informasi, contohnya: vidio, televisi, komputer dan lain sebagainnya. Rossi dan breidle(1966) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah dan lain sebagainnya. Dari konsep tersebut, maka bedanya antara media dan media pembelajaran terletak antara pesan atau isi yang akan disampaikan. [1]Dengan demikian media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan.Secara media dapat diartikan dengan manusia, benda atau peristiwa yang memungkinkan anak didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapakan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media. Dengan demikian peserta didik lebih mudah mencerna bahan dari pada tanpa bantuan media. Peranan media tidak akan terlihat bila penggunaannnya  tidak sejalan dengan isi dari tujuan pengajaran yang telah dirumuskan. Karena itu, tujuan pengajaran harus dijadikan sebagai pangkal  acuan untuk menggunakan media. Manakala diabaikan, maka media bukan lagi sebagai alat bantu pengajaran, tetapi sebagai penghambat dalam pencapaian tujuan secara efektif dan efesien. Jadi, media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran.[2]




[1] Wina sanjaya, media komunikasi pembelajaran,(jakarta: PT fajar interpratama mandiri,2014), h.57-58
[2] Syaiful bahri jamara,azwan zain, strategi belajar mengajar,(jakarta:rineka cipta,2013),h. 120-126

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang

contoh RPP k13 agama dan budi pekerti/wudhu

RPP IPA KELAS V SD/MI