BIOTEKNOLOGI

Bioteknologi
Manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi modern sehingga tercipta ilmu baru yang terkenal dengan sebutan bioteknologi dan terkadang ada yang menyebut biomasadepan. Beberapa ahli dan badan internasional memberikan batasan bioteknologi sebagai:
1.    Kegiatan yang menitik beratkan pemanfaatan aktivitas biologi dalam lingkup teknologi proses dan produksi secara besar-besaran dalam industri yang dikaitkan dengan produksi masal.
2.    Pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan kerekayasaan terhadap jasad, siste atau proses biologi untuk memproduksi benda hidup, benda mati, dan jasa bagi kepentingan kehidupan manusia.
a.    Bioteknologi kedokteran
1.    Sinar x telah lama dikenal dalam radiologi pada pengambilan foto paru-paru,jantung,lambung dll.
2.    Sinar laser pada perkembangan terakhir digunakan dalam operasi dalam alat-alat tubuh manusia.
3.    Sinar radioaktif dimanfaatkan untuk menyucihamakan alat-alat kedokteran, misalnya alat suntik,pisau, dan gunting bedah.
4.    Bank sperma dan bayi tabung secara ilmiah telah banyak dilakukan di negara yang menganut kebebasan.
5.    Pencangkokan alat tubuh yang dalam keadaan biasa akan selalu ditolak, karena alat orang lain itu merupakan benda asing bagi pasien, tetapi bioteknologi dengan perantara agen pencangkokan dapat dilaksanakan dengan baik.
6.    Dengan rekayasa genetika, dapat diciptakan vaksin yang dapat menghasilkan zat immunoglobin(zat kebal)terhadap beberapa penyakit , misalnya hepatitis, kanker hati dll.

b.    Bioteknologi  farmasi
Dalam memerangi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh antigen atau bibit penyakit digunakanlah berbagai macam obat, yang pada zaman dahulu berupa ramuan beberapa macam tumbuhan yang berupa sari atau ekstrak,tetapi pada saat mutakhir, melalui biologi molekuler dan rekayasa genetika, tubuh dipacu untuk memproduksi obat-obatan sendiri. Obat-obatan hasil bioteknologi antara lain humulin untuk iabetes, protopin yang merupakan hormon pertumbuhan untuk memperbaiki anak-anak yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan  alfainterferon untuk pengobatan sejenis leukimia, dan sebagainya.
c.    Bioteknologi pertanian
1.    Penggunaan hormon-pertumbuhan yang mengubah tumbuhan dari diploidi menjadi poliploidi sehingga dihasilkan produk yang “raksasa” misalnya buah tomat, lombok, menjadi besar .
2.    Kulture jaringan
3.    Rekayasa genetika tumbuhan dapat menciptakan yang dapat membentuk racun sendiri dari serangga insekta yang hendak memakannya.
d.   Bioteknologi peternakan
1.    Untuk memproduksi obat dan vaksin serta hormon pertumbuhan ternak
2.    Melibatkan hewan dapat tumbuh lebih cepat dan makannya lebih sedikit, atau menjadi ternak yang lebih unggul[1]





[1] Maskoeri jasin,ilmu alamiah dasar,(surabaya:rajawali pers,1989),h.203

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang

contoh RPP k13 agama dan budi pekerti/wudhu

RPP IPA KELAS V SD/MI