Dampak Ilmu Alamiah Dan Teknologi

Dampak Ilmu Alamiah Dan Teknologi
Dampak atau efek dari ilmu alamiah dan teknologi yang telah dikembangkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehinggalebih mudah dan menyenangkan dapat bersifat negatif karena menimbulkan akibat sampingan. Akibat negatif itu bila dibiarkan akan membawa malapetaka. Oleh karena itu, manusia setelah mengetahui beberapa hasil ilmu alamiah dan teknologi,mencoba mengatasi juga dengan ilmu alamiah dan teknologi yang baru.
1.    Dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap kebutuhan pokok
a.    Sandang
Ilmu alamiah dan teknologi telah banyak sumbangannya dalam bidang sandang. Pada abad yang lalu maupun masa kini, ilmu alamiah dan teknologi telah menolong manusia dalam pengadaan sandang berupa mesin-mesin tekstil. Dampak negatifnya  berhubungan dengan polimer sintetis yaitu bahwa bahan-bahan polimer sintetis itu, dalam kata sehari-hari adalah plastik yang menimbulkan keuntungan dan kerugian. Keuntungannya sudah jelas  kita dapat memproduksi produk tekstil untuk sandang, bahkan hampir semua kebutuhan sehari-hari yang berupa alat rumah tangga tidak luput dari penggunaan bahan plastik sebagai bahan dasarnya.. yang menjadi masalahnya sekarang plastik-plastik itun tidak dapat dihancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk. Cara lain ialah memusnahkan plastik dengan cara membakarnya atau mengolahnya kembali menjadi plastik.
b.    Papan
Dengan akal manusia dapat menyempurnakan rumah tinggalnya dari gua-gua alami ke pohon-pohon, kemudia berkembang lagi menjadi rumah di atas tiang-tiang penyangga, dan lebih maju lagi pada masa kini telah mampu membuat rumah tembok dengan penuh kenyamanan. Bahkan pada masa kini manusia mampu membuat gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi ke angkasa. Teknologi selalu mempunyai kelemahan. Sebagai contoh dengan alat modern, sekarang orang begitu mudah membabat hutan untuk bagunan atau perabotan lainnya.  Pohon-pohon yang relatif muda yang  menimbulkan akibat berantai, mulai dari erosi,pendngkalan sungai, kematian sumber air, kemerosotan kesuburan tanah,banjir, dan selanjutnya rantai itu  sampai pada kesengsraan manusia itu sendiri yang sebenarnya tidak ikut secara langsung menikmati hasil hutan tersebut.
c.    Pangan
Sumbangan ilmu alamiah dibidang pangan telah banyak dimanfaatkan orang, misalnya dengan cara pemupukan yang tepat dan penggunaan bakteri yang  mampu menunjang akar-akar tanaman mengambil zat hara dengan lebih baik sehingga produksi bertambah banyak. Dampak negatif misalnya, pemakaian racun pemberantas hamatumbuhan ternyata tidak saja dapat memberantas hama,tetapi membunuh hewan ternak , meracuni hasil panen dan meracuni manusianya sendiri.
2.    Dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap sumber daya alam
a.    Minyak bumi
Segala mesin ,misalnya mesin berbagai pabrik,mobil,truk, kereta api , kapal laut, dan pesawa terbang, semuanay menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar.kita juga mengetahui bahwa minyak bumi tidak dapat diperbaharui artinya sekali pakai habis.maka, demi melestarikan kehidupan dibumi orang harus segera mencari gantinya. Dampak negatif dari minyak bumi yaitu hasil pembakaran minyak bumi ini berupa gas-gas karbondioksida yang berguna untuk fotosintetis  dan karbonmonoksida yang bersifat sangat racun.  Gas CO ini dapat meracuni sel-sel darah merah sehingga sel-sel itu tidak dapat berfungsi lagi sebagai pengangkut oksigen dalam jariingan tubuh.
Penggalian minyak bumi membawa akibat polusi daerah sekitarnya karena tumpahan minyak bumi itu jelas merusak tumbuhan atau hewan yang hidup di daerah itu.
b.    Batu bara
Penambangan batu bara menimbulkan dampak negatif, mislanya cacing tambang dan marabahaya yang mmungkin menimpa manusia-manusia penambang karena gas oksigen dalam tambang itu terbatas, yang banyak adalah gas-gas bumi yang menyesakkan nafas yang mungkin engandung CO, sulfur oksida.
c.    Air
Walaupun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali, tetapi membersihkannya itu tidak selalu sempurna sehingga lama kelamaan air bersih yang kita perlukan semakin hari semakin menurun kuantitas dan kualitasnya.


d.   Tanah
Tanah pertanian sebagai sumber daya sebenarnya dapat diperbaharui, artinya tanah yang digunakan berulang-ulang bila dipelihara bai-baik, misalnya kekurangan zat hara dapat ditambah dengan jalan pemupukan dan sebagaiya. Namun seperti juga sumber daya lain yang dapat diperbaharui, bila pemakainya melampaui batas juga dapat menjadi rusak, artinya tidak dapat digunakan lagi sebagai lahan pertanian.
e.    Sumber daya zat radioaktif
Zat radioaktif memang zat yang sangat berbahaya. Sejak ditemukannya oleh madame curie telah tampak dampaknya, yaitu orang –orang yang bekerja di laboratoriumnya, bahkan madame curie sendiri terkena panyakit yang aneh yang belum ditemukan sebab-sebabnya pada masa itu. Zat radioaktif mempunyai sifat khas yaitu, selalu mengeluarkan sinar yang tidak tampak oleh mata. Sinar yang timbul dari zat radioaktif it ada tiga macam, yaitu α(alpha) yang bermuatan listrik positif, sinar β( beta) yang bermuatan listrik negatif, dan Ï’ (gama) yang tidak bermuatan listrik. Namun sinar gama ini sangat berbahaya karena dapat menembus apa saja yang menghalanginya karena gelombangnya pendek. Sinar ini pulalah yang dapat merusak kromosom atau gen dalam inti sel sehingga keturunannya bervariasi. Karena mutasi ,ada yang mati dan ada yang cacat dan ada yang menguntungkkan seperti buahnya lebat, umurnya singkat dan sebagainya. Manusia memanfaatkan sinar ini untuk pertanian.
3.    Dampak ilmu alamiah  dan teknologi tehadap industri.
Manusia membutuhkan Berbagai macam barang untuk memenuhii kebutuhannya. Mesin-mesin hasil ilmu alamiah dan teknologi itu banyak membantu manusia dapat memperoleh barang kebutuhannya , tetapi setiap kali ada keuntungannya ternyata selalu ada kerugiannya. Dampak ilmu alamiah dan teknologi pada umumnya adalah positif, meskipun kadang-kadang dampak sosial yang negatif juga. Misalnya kecenderungan penggunaan hasil industri tidak efesien karena harganya murah. Dan industri kimia sangat bebahaya bagi lingkungan sekeliling. Jika limbah itu dibuang langsung tanpa tanpa mengindahkan paraturan-peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, kita mengharapkan pembuangan limbah industri yang tampak semakin meningkat pada masa pembangunan saat ini tidak akan membawa pengaruh negatif.
4.    Dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap transportasi dan komunikasi
a.    Transportasi
Ilmu alamiah dan teknologi telah memberikan sumbangan yang besar dalam bidang transportasi, misalnya mobil, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan sebagainya. Dengan kendaraan-kendaraan itu kita dapat mengunjungi saudara kita yang berada di kota lain dengan hanya memerlukan waktu yang singkat.
b.    Komunikasi
pada saat ini kita mudah sekali mengadakan pebicaraan telephon antar benua. Dengan bantuan ilmu alamiah dan teknologi manusia memang benar-benar lebih mudah mengadakan komunikasi.[1]




[1] Maskoeri jasin,ilmu alamiah dasar,(surabaya:rajawali pers,1989),h.205-209

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang

contoh RPP k13 agama dan budi pekerti/wudhu

RPP IPA KELAS V SD/MI