ESPERIMENT SAINS

APAKAH  GALILEO KELIRU?
A.  Galileo Galilei (1564 - 1642) pernah menjatuhkan dua benda dengan massa yang berbeda dari menara Pisa untuk membuktikan kepda orang bahwa kedua benda itu jatuh secara bersamaan. Apakah selembar kertas dan sebuah buku jika dijatuhkan secara bersamaan akan jatuh secara bersamaan pula? Atau benda yang lebih berat yang akan jatuh terlebih dahulu?Hasil gambar untuk GAMBAR KERTAS DAN BUKU YANG DIJATUHKAN

B.  Alat dan Bahan
1.    Selembar kertas
2.    Sebuah buku

C.  Langkah Pembuatan
1.    Peganglah masing-masing kertas dan buku pada kedua tanganmu. 
2.    Kemudian berdirilah tegak. Secara bersamaan jatuhkanlah kedua benda tersebut dari tanganmu. Bagaimana waktu jatuh kedua bendanya?
3.   Sekarang, letakkan kertas diatas buku dan peganglah dengan erat. Kemudian jatuhkanlah secara tiba-tiba. Apa yang terjadi dengan jatuhnya kertas dan buku?
4.  Lalu coba gumpalkan kertas tersebut dan jatuhkan gumpalan kertas tersebut dengan buku secara bersamaan! Apakah waktu jatuh keduanya berbeda?

D.  Teori dan Pembahasan
a.    Teori
Sebelum masa Galileo, orang mempercayai pemikiran bahwa benda yang lebih berat jatuh lebih cepat dari benda yang lebih ringan, dan bahwa laju jatuh benda tersebut sebanding dengan berat benda itu. Galileo menemukan bahwa semua benda akan jatuh dengan percepatan konstan yang sama jika tidak ada udara atau hambatan lainnya. Galileo juga menegaskan bahwa semua benda, berat atau ringan jatuh dengan percepatan yang sama, jika tidak ada udara (hampa udara). Galileo yakin bahwa udara berperan sebagai hambatan untuk benda-benda yang sangat ringan dan memiliki permukaan luas. Tetapi pada banyak keadaan biasa, hambatan udara ini bisa diabaikan. Pada suatu ruang dengan tidak adanya hambatan udara, semua benda jatuh dengan percepatan konstan yang sama”. Kita menyebut percepatan ini percepatan yang disebabkan oleh gravitasi pada Bumi dan diberi simbol dengan g, besar percepatan gravitasi kira-kira g = 9,80 m/s.

b.    Pembahasan
Ketika percobaan yang pertama dilakukan, buku akan jatuh lebih dulu daripada kertas walaupun dijauhkan secara bersamaan. Sebenarnya, gaya gravitasi menarik dua benda tersebut dengan gaya yang sama. Tapi jatuhnya kertas terhambat oleh gaya gesek udara. Buku juga mendapat gaya gesek yang sama, tapi berat dari si buku mampu mengurangi pengaruh gaya gesek udaranya. Pada percobaan yang kedua, kedua benda jatuh bersamaan. Kertas yang berada diatas buku tidak lagi dipengaruhi oleh gaya gesek udara karena dibantu oleh berat buku yang mengurangi gaya geseknya. Sehingga gravitasi akan menarik buku dan kertas dengan mudah sebagai satu sistem.pada percobaan ke tiga buku dan kertas , benda jatuh secara bersamaan. dikarenakan gumpalan kertas tidak mendapatkan hambatan dari udara sehingga gumpalan kertas dan buku jatuh secara bersamaan. Jadi Galileo tidak salah

E.   Kesimpulan
a.    semua benda yang dilepaskan di atas permukaan bumi akan mengalami percepatan yang sama, tidak menghiraukan berapa massanya.
b.    Dua benda dengan massa yang berbeda akan jatuh secara bersamaan.
c.    Semua benda jatuh dengan percepatan gravitasi yang sama, 9,8m/s2, dengan catatan kita mengabaikan tekanan udara.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang

contoh RPP k13 agama dan budi pekerti/wudhu

RPP IPA KELAS V SD/MI