Jendela Dunia



Dunia Dalam Genggaman
Mahasiswi Institute Agama Islam Negeri Metro

Dieradigital seperti saat ini tidak bisa di pungkiri bahwa semua kecanggihan teknologi ada di sekitar kita bahkan dalam genggaman kita. Misalnya saja smartphone yang dimiliki setiap orang mulai dari balita sampai kakek nenek pun sudah menggunakan manfaat dari kecanggihan teknologi tersebut. Namun dengan adanya teknologi yang canggih itu banyak dikalangan pelajar sekolah yang sibuk dengan smartphonenya. Mereka sibuk menatap kelayar smartphonenya yang mereka gunakan untuk chat, facebook, dan nge-game. Dan tidak sedikit waktu yang mereka gunakan untuk bermalas-malasan dengan smartphonennya. Disela jam istirahatnya dan tak jarang saat pelajaran berlangsung para pelajar sekolah ini masih menggunakan smartphonennya.
Seharusnya dengan adanya kecanggihan teknologi ini para pelajar sekolah ini dapat memanfaatkannya dengan baik tidak hanya untuk nge-game dan chat, ataupun  facebook­-an. Smartphone juga dapat digunakanan untuk hal-hal yang bermafaat. Semisal, mambaca berita, atau membaca artikel atau membaca sesuatu hal yang dapat menambah wawasan serta bertambahnya pengetahuan. Membaca adalah salah satu seseorang untuk mendapatkan banyak pengetahuan dan hal-hal yang baru. Namun sekarang ini budaya membaca sangat jarang di temui di kalangan pelajar sekolah . Sekarang saja pengunjung perpustakan hanya satu dua orang yang menggunakannya. Itu saja karana satu dua orang itu hanya mengerjakan tugas dan tak jarang hanya menggunakan fasilitas perpusatakaan seperti wifi.
Budaya membaca memberikan dampak yang positif untuk seseorang. Karena budaya membaca yang sangat tinggi ini menjadikan minat belajarnya pun juga tinggi. Seseorang yang senang membaca akan mempunyai pengetahuan yang luas dari buku yang dibacanya. Sangat disayangkan, apabila seseorang khususnya para pelajar sekolah  tidak suka membaca atau mempunyai minat membaca yang rendah karena pengetahuan siswa akan sempit. Membaca ini merupakan keterampilan yang unik yang berperan sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan sebagai alat komunikasi. Dengan membaca setiap orang mendapatkan informasi dan mendapatkan pegetahuan baru. Setelah membaca daya pikir seseorang akan meningkat serta menambah wawasan.
 Allah SWT juga telah memerintahkan umatnya dengan menurunkan wahyunya kepada nabi Muhammad SAW yaitu surah “AL-ALAQ “ yang ayat pertama berbunyi iqra’ yang artinya bacalah, disini dimaksudkan bahwa allah mengajarkan manusia dengan tulis baca.  Perintah ini diturunkan agar semua makhluk dapat membaca apa yang terjadi di muka bumi ini.
Dengan berkembangnya zaman seperti sekarang ini kita dipermudah dalam segala hal. kita lebih mudah membaca dimana dan kapanpun kita mau dengan menggunakan smartphone. Dan sekarang ini tidak sedikit didirikan perpustakaan yang menawarkan kenyamanan dan kelengkapan buku-buku serta ramahnya petugas yang berada di perustakaan. Disetiap sekolah terdapat perpustakaan yang didalamnya terdapat buku-buku yang mearik untuk di baca dan akan banyak ilmu yang kita peroleh dari membaca buku. Dan tak jarang juga ada beberapa desa yang membangun sebuah perpustakaan kecil-kecilan untuk memajukan desanya. Sebuah desa yang ingin mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas
Pemerintah belum lama ini telah membuka peerpustakaan nasiona yang berada di jakarta. Yang di dalamnya terapat fasilitas dan kenyamanan dididalamnya. Tempatnya sangat nyaman, buku-buku diletakkan secara terpisah sesuai dengan jenis buku dan di sana pun terdapat ruangan khusus untuk ibu menyusui, tempat untuk bermain balita sehingga orang tua bisa membaca dengan mengawasi anaknya bermain.
Mulai lah dari sekaang budayakan untuk membaca di manapun dan kapan pun karna sekarang ini di permudah denga teknologi dan fasilitas yang memadai dari pemerintah. Dengan membaca kita dapat membantu pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan pelajar sekolah dan masyarakar luas. Dengan membaca akan bertambahnya ilmu dan wawasan pembacanya yang akan menjadikan sumber daya manusia yang ada d indonesia menjadi SDM yang berkulaitas dan mempu bersaing dengan dunia luar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang

contoh RPP k13 agama dan budi pekerti/wudhu

RPP IPA KELAS V SD/MI