TOLERANSI ANATARA MANUSIA

        Toleransi berasal dari kata “ Tolerare ” yang berasal dari bahasa latin yang berarti dengan sabar membiarkan sesuatu. Jadi pengertian toleransi secara luas adalah suatu sikap atau perilaku manusia yang tidak menyimpang dari aturan, dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sikap toleransi  memiliki arti perbuatan, interaksi sosial, dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, dan atau keyakinan sedangkan toleransi berasal dari bahasa Latin yaitu tolerare artinya menahan diri, bersikap sabar,membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda (W.J.S Poerwodarminto; wartawarga.gunadarma.ac.id/).
Mengingat pentingnya toleransi, maka ia harus diajarkan kepada anak-anak baik dilingkungan formal maupun lingkungan informal. Ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dengan menanamkan sikap toleransi, dan saling menghargai antar perbedaan, baik perbedaan suku, bahasa, agama, dan sebagainya. Manfaat – manfaat tersebut adalah:
1.    Kehidupan bermasyarakat akan lebih tentram dan damai sejahtera
2.    Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan terwujud 
3.    Pembangunan Negara akan lebih mudah tanpa terhambat oleh kelompok-kelompok yang menentang. 
Interaksi-interaksi antar individu-individu melahirkan sebuah kebudayaan baru. Kebudayaan tersebut muncul bardasarkan musyawarah atau kesepakatan bersama anggota masyarakat. Kebudayaan tersebut meliputi:adat, kebiasaan, norma dan aturan. Hasil kebudayaan tersebut diatas telah diatur dan disahkan, sehingga diberikan sanksi, bagi yang melanggarnya.  kita berusaha menutup diri dari tradisi agama lain dan menganggap agama selain agama kita sebagai lawan yang sesat serta penuh kecurigaan terhadap berbagai aktivitas agama lain, maka sekarang kita lebih mengedepankan sikap keterbukaan dan saling menghargai satu sama lain.
Kerukunan merupakan kebutuhan bersama yang tidak dapat dihindarkan di Tengah perbedaan. Perbedaan yang ada bukan merupakan penghalang untuk hidup rukun dan berdampingan dalam bingkai persaudaraan dan persatuan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP MATEMATIKA kelas V SD/MI materi bangun ruang

contoh RPP k13 agama dan budi pekerti/wudhu

RPP IPA KELAS V SD/MI